SMK Negeri 2 Pati

Jl Gembong KM 4 Rendole Kotak POS 5 Pati 59163

SMK Bisa Sukses

Saingi SMK Seni, Tim Seni Teater Tradisional SMK Negeri 2 Pati Runner Up FLS2N Provinsi Jateng 2018

Kamis, 29 Nopember 2018 ~ Oleh Anggi Patria Hamas Saddam ~ Dilihat 20 Kali

Pati, Margorejo – Meski bukan berasal dari SMK Seni, ternyata tim seni FLS2N SMK Negeri 2 Pati,  masih mampu bersaing. Di FLS2N tingkat Jawa Tengah, tim seni teatre tradisional SMKN 2 Pati mampu merebut tempat terhormat kedua. 


Optimisme dan semangat yang menjadi modal dari tim seni teatre SMK Negeri 2 Pati, saat berlaga di pentas Festival Lomba Seni Siswa Negeri (FLS2N) SMK tingkat Provinsi Jawa Tengah, meski baru meraih juara kedua.

Kepada radio PAS Pati, Jumat  (6/7/2018), Guru Pembimbing tim seni teatre SMK Negeri 2 Pati Sumarni mengaku, rival terberat di seleksi FLS2N Jawa Tengah untuk seni teatre tradisional,  dari SMK Seni Surakarta dan SMK Seni Banyumas. Namun, dengan optimisme serta semangat para siswanya, mampu bersaing dan meraih juara II. “Yang mana FLS2N jenjang SMK tingkat Jawa Tengah, saingannya sangat berat. Karena, antara SMK Seni dan SMK non Seni tidak dipisah. Jadi, saingan kita itu, SMK Seni yang mana di Jawa Tengah ini ada tiga. Yaitu, SMKN 8 Surakarta, SMKN 9 Surakarta, dan SMKN Banyumas,” katanya. 


Sumarni mengatakan, tim seni teatre SMKN 2 Pati binaannya, lebih banyak berkecimpung dengan teknik.  Sementara untuk seni teatre itu, merupakan bagian dari kegiatan ekstra kurikuler. Namun semangat, yang menjadi modal dan motivasi untuk bersaing di FLS2N jenjang SMK se Jawa Tengah. “Persiapan ini anak-anak memang sungguh gigih. Bahkan waktu libur pun tapi mereka tetap full tidak ada libur untuk persiapan ajang FLS2N jenjang SMK tingkat Provinsi Jawa Tengah. Dan Alhamdulillah, kami syukuri SMKN 2 Pati meraih juara II, yang mana saingannya adalah SMK seni. Saya bangga dengan anak-anak yang gigih pantang menyerah, dalam mengikuti FLS2N,” jelasnya.


Guru Pembimbing tim seni teatre SMK Negeri 2 Pati Sumarni menuturkan, konsep cerita yang digarapnya itu mengangkat cerita Roro Mendut. Didalam konsep cerita itu, memadukan cerita legenda rakyat Pati dengan cerita sejarah babad Pati. Dimana pengembangan teater tradisional itu mengangkat masalah keteguhan dan kesetiaan seorang wanita dalam mempertahankan cinta sejatinya.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Drs Pramuhadi Kuswanto, MM

  Assalamu’alaikum wr. Wb Salam sejahtera untuk kita semua Perkembangan dunia pendidikan saat ini sedang memasuki era yang gencar melakukan inovasi…

Selengkapnya

KATEGORI